Halaman

Paket Latihan CPNS

Senin, 10 September 2012

Filsafat: Sebuah Pendahuluan


Filsafat mengandung arti pola pikir, yaitu sebuah cara yang dilakukan seseorang untuk menterjemahkan sesuatu berdasarkan pemikirannya agar terbentuk sesuatu lain yang lebih mudah dimengerti.
Objek serta acuan filsafat mencakup segala yang ada dan yang mungkin ada.
Metode filsafat yang digunakan adalah terjemah dan menterjemahkan, sedangkan alatnya adalah bahasa analogi, yaitu hal yang lebih kompleks dari sekedar kiasan.
Berfilsafat tidak perlu harus membahas tentang yang besar, tetapi bisa dimulai dengan hal kecil dan sepele, karena dari hal kecil itulah filsafat dimulai.

Pikiran berasal dari separo logika dan separonya lagi pengalaman.
Filsafat ranahnya adalah pikiran atau otak, sedangkan spiritual ranahnya lebih tinggi yaitu perasaan atau hati. Sehingga dalam berpikir sifatnya relatif, selalu ada kontradiksi yang berbuah pengetahuan baru, sedangkan dalam ranah spiritual sifatnya absolut, karena filsafat tidak bisa menjangkau spiritual.
Sifat dari filsafat adalah reflektif, dimana reflektif yang bersifat intensif, yaitu dalam sedalam-dalamnya, dan ekstensif, yaitu luas seluas-luasnya.
Filsafat itu radik, yaitu sampai ke akar-akarnya, berpikir sampai tuntas.
Filsafat dapat diletakkan di depan apapun, karena kita bisa berfilsafat tentang segala hal menyangkut alam pikiran.
Berfilsafat bisa dilakukan dengan merenung, karena menyangkut pemikiran, bukan tindakan.
Jika dilihat dari ranah keluasan dimensinya, dari yang terkecil itu adalah Riil, kemudian Penerapan, lalu Ilmu Bidang, baru kemudian Filsafat, dan yang terakhir adalah Spiritual. Itulah mengapa jika filsafat naik keatas maka akan menjangkau ranah spiritual, dan jika turun kebawah maka bisa memasuki ranah ilmu bidang.

Dalam berfilsafat terdapat aturan bahwa jika 1 kali berfilsafat maka harus diimbangi dengan 10 kali berspiritual, karena semakin tinggi berfilsafat maka akan bisa menjangkau spiritual sehingga menimbulkan keraguan dalam hati yang akan berbuah pada pengrusakan keyakinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar