Relevansinya dengan dunia pendidikan adalah, bahwa ketika siswa bertanya tentang suatu materi pelajaran di sekolah, siswa tersebut sudah memiliki keinginan untuk “hidup” di dalam materi pelajaran tersebut, maka tugas gurulah membantu siswa itu membangun sendiri ilmunya, dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan siswa, sehingga dalam diri siswa tersebut secara intuisi terbentuk perlahan ilmu itu, siswa berusaha memahami ilmu tersebut dengan menggabungkan ilmu yang sudah dia miliki, dan tugas gurulah membantu siswa tersebut melakukan sintesis / memilih mana yang benar jika terjadi konflik antara ilmu yang sudah dimiliki dengan yang akan dimiliki, dan ini membawa siswa kepada keterampilan hidup (Life Skill), terampil dalam membangun pemahamannya sendiri tentang segala yang ada dan yang mungkin ada, terampil melakukan sintesis dari tesis dan anti tesis. Sedangkan dari siswanya sendiri dituntut untuk memiliki inisiatif sendiri, apa yang ingin mereka pelajari, dilatarbelakangi dengan motivasi bahwa ilmu yang akan siswa pelajari tersebut nantinya akan berguna dalam kehidupannya, dan seperti inilah pendidikan bisa berjalan dengan baik secara humanis (filsafat). Sehingga yang namanya sekolah tidak lagi identik dengan Talk and Chalk tetapi penemuan, inquiry, observasi, dan eksperimen. Inilah yang disebut konstruktivism, dan ini berlaku untuk segala yang berhubungan dengan pengetahuan atau konsep. Demikian.
Selasa, 08 Januari 2013
Pertanyaan Berbuah Intuisi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar